Tips Mengatur Ukuran Stroke di Adobe Illustrator

Stroke pada dasarnya bukanlah shape melainkan hanyalah sebuah garis pinggir dari sebuah shape. Sehingga kita tidak bisa mengatur stroke layaknya shape. Stroke atau garis tepi mungkin sangat dibutuhkan untuk memberikan kesan yang unik pada ilustrasi tertentu. Kalian pastinya sudah sangat familiar dengan berbagai macam tools yang digunakan saat membuat objek tertentu, baik itu ilustrasi, logo ataupun desain laiinya. Seperti Rectangle Tool, Round Tool, dan lain-lain.
Vectoval image property : Scale Strokes & Effects
Pada saat membuat suatu objek yang menggunakan stroke, kalian ingin ukuran stroke tersebut tetap sama, tidak ada perubahan walaupun diperbesar maupin diperkecil ukurannya. Ada kalanya kalian juga menginginkan agar ukuran stroke tersebut berubah mengikuti ukuran shape yang kalian resize.

Kali ini vectoval akan memberikan tips mengatur ukuran stroke. Agar tidak merepotkan saat mengerjakan suatu ilustrasi maupun projek desain. Sebagai contoh, disini saya menggambarkan shape berbentuk segitiga dengan ukuran stroke 5 pixel. Kalian bisa merubah ukurannya pada panel stroke, aktifkan panelnya dengan cara klik menu Windows >> Strokes atau dengan cara tekan Ctrl + F10. 
Klik untuk memperbesar
Resize
Naah, agar ukurannya tetap konsisten saat diperbesar/diperkecil. Kalian bisa mengaturnya dengan merubah pengaturan pada adobe illustrator di Menu Edit >> Preferences atau menekan Ctrl+K di keyboard. Lalu pada menu General >> Scale Strokes & Effects, kemudian hilangkan tanda centangnya >> klik OK.
preferences
General menu options
Setelah setingan tersebuat disimpan, ketika kalian rubah ukuran objek yang kalian buat. Maka ukuran strokenya akan tetap konsisten pada ukuran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sebaliknya, jika kalian ingin ukuran strokenya berubah mengikuti besar kecilnya shape, kalian hanya perlu men-centang pada bagian Scale Strokes & Effects tersebut.

Ada cara yang lebih gampang, yaitu pada menu windows cari pengaturan transform atau tekan Shift + F8 di keyboard. Setelah panel transform muncul, kemudian berilah tanda centang di menu scale stroke & effects. Fungsinya sama dengan cara diatas, tapi disini kita lebih dimudahkan untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan scale stroke & effects tersebut. Lihat gambar dibawah ini. 
transform
Pada gambar dibawah ini adalah keadaan dimana scale strokenya tidak diaktifkan. Maka, ukuran strokenya konsisten tidak berubah meskipun diperbesar dan diperkecil. 
Scale Strokes & Effects Tidak Aktif
Sedangkan jika kalian aktifkan scale strokenya maka stroke akan tetap membesar seperti aslinya dan tidak akan mengikuti ukuran shape. 
Scale Strokes & Effects Aktif
Oke, sekian dulu untuk kali ini. Kalau ada yang kurang paham, silahkan ketikan pertanyaannya di kolom komentar dibawah. Semoga isi dari artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar editing dan desain. dan jangan lupa share tulisan ini ke sesama pecinta adobe Illustrator lainnya. Selamat berkreatifitas.

Assalamu’alaikum.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter