Tutorial Menggunakan Shape Builder Tool di Adobe Illustrator

Saat mengaplikasikan sebuah desain pada software pengolah grafis, pastinya kita berusaha mencari cara yang paling mudah untuk membuat objek tertentu agar sesuai dengan ide desain yang telah ditetapkan. Untuk itu, kita bisa memanfaatkan tool yang sudah desediakan oleh Adobe Illustrator.
vectoval image property : Shape Builder Tool
Kali ini vectoval akan share tentang tutorial menggunakan shape builder tool di Adobe Illustrator. Tool ini fungsinya hampis sama dengan Pathfinder. Hanya saja cara penggunaannya yang edikit berbeda. Shape Builder Tool bisa langsung menggabungkan, memotong, dan memisahkan objek dengan cara menyeleksinya secara manual atau lebih fleksibel dalam memotong  objek. Kelebihan menggunakan shape builder tool kita bisa lakukan dengan sekali klik, tanpa harus pusing pindah-pindah dari satu panel ke panel yang lain dan lebih efisien hehe. Langsung saja kita praktikan agar lebih mudah dipahami.

Mengabungkan Objek


Disini saya menggambar sepuluh buah segitiga. Kalian bisa membuat objek apa saja atau langsung diterapkan ke projek desain yang sedang dikerjakan juga boleh. Segitiga yang sudah digambar di tumpuk sedemikian rupa, blok semua segitiga kemudian klik Shape Builder Tool atau bisa dengan shortcut Shift+M, klik pada bagian yang akan digabungkan dengan cara  drag cursor menuju ke arah yang diinginkan. Pada contoh kali ini, saya memulai dari pojok kiri bawah, drag dan arahkan kursor sesuai dengan garis merah. Hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah.

Hasil dari penggabungan objek diatas akan terlihat seperti gambar berikut.

Memotong dan Memisahkan Objek

Sebenarnya memotong dengan menggabungkan objek menggunakan Shape Builder Tool caranya hampir sama. Pada saat menggabungkan, kursor harus di drag kearah shape yang ingin digabungkan. Nah, kalau memotong  kita tidak harus men-drag kursor, cukup klik sekali saja pada bagian objek yang akan di potong tersebut. 

Langsung saja gambar beberapa objek. Contohnya, saya menggambar dua buah polygon tool, dan sebuah garis vertikal. Klik atau blok semua objek > Shape Builder Tool (Shift + M) > Klik pada posisi yang akan dipotong. Pada contoh dibawah, saya hanya klik secara satu satu objek bagian kiri garis vertikal. Setelah dipisahkan, objek akan terpotong menjadi beberapa bagian kecil seperti yang tampak pada gambar dibawah. 


vectoval 02 animasi : memotong dan memisahkan objek
Atau kalian juga bisa menerapkan dengan cara yang sama dengan menggabungkan objek seperti pada cara yang pertama. Blok semua objek, mulai drag kursor dari kiri ke arah kanan polygon yang besar kemudian lepaskan, maka bagian bawahnya atas menjadi satu, begitupun pada bagian atas polygon yang kecil. Kemudian pisahkan, hasilnya seperti pada gambar dibawah.
vectoval image 02.a : memotong dan memisahkan objek

Menghapus objek

Selain untuk memotong dan menggabungkan, Shape Builder Tool juga berfungsi untuk menghapus bagian objek yang tidak diinginkan dengan sangat mudah. Pada artikel sebelumnya Mempersingkat Waktu Pengeditan Menggunakan Pathfinderkita bisa menghapus objek menggunakan tool yang ada di pathfinder. Atau bisa dengan cara yang sedikit ekstrim, yaitu dengan cara memencet tombol delete.



Oke, lanjut. Cara menghapus objek menggunakan Shape Builder Tool yaitu kita hanya perlu memencet tombol alt pada keyboard dan tahan, nanti pada icon kursor muncul tanda kurang/minus > kemudian klik/drag bagian objek yang ingin dihapus. Voaala!! shape pun hilang seketika. Agar lebih paham perhatikan gambar dibawah ini. 
vectoval image 03 : menghapus objek
Sekian dulu untuk kali ini. Semoga isi dari artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar editing dan desain. dan jangan lupa share tulisan ini ke sesama pecinta adobe Illustrator lainnya. Selamat berkreatifitas. 
Assalamu’alaikum.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter