Mempersingkat Waktu Pengeditan Menggunakan Pathfinder

Memotong ataupun menggabungkan objek pada illustrator sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya menggunakan pathfinder. Tools ini memungkinkan untuk mengedit dan menyesuaikan berbagai bentuk dengan cara yang rapi. Selain itu, juga memudahkan kita menggabungkan, membagi objek, mengurangi berbagai bentuk, dan lain-lain, dengan waktu yang relatif lebih singkat.
Saat mengerjakan sebuah ilustrasi yang rumit, maka pathfinder dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas sedikit tentang pathfinder. Naaah, sekarang mari kita kupas tentang tool-tools yang terdapat didalamnya lebih jauh lagi.

Bagian pertama tedapat Shape Modes yang mempunyai empat jenis yaitu :
1. Unite
Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas sedikit tengtang unit. Fungsinya untuk menyatukan semua shape yang diseleksi menjadi satu. Warna shape gabungan yang dihasilkan tergantung pada warna shape yang ditempatkan paling atas. 

2. Minus Front
Berfungsi untuk memotong shape bagian atas yang menimpa shape bagian bawah. Atau dengan kata lain memotong shape bagian bawah.

Kenapa yang hasilnya cuma jadi setengah lingkaran?? karena garis dari bidang persegi sama panjang dengan besarnya lingkaran. Coba perhatikan gambar yang kedua dibawah ini

Setelah Objek persegi dikecilkan sedikit ukurannya, maka bidang yang terpotongpun mengikuti garis lingkaran yang paling depan

3. Intersect
Intersect : untuk intersect, fungsinya membuat objek baru dari perpotongan shape yang disatukan , atau yang tersisa adalah bagian tengah dari shape yang saling berpotongan.

4. Exclude

Exclude : Kebalikan dari intersect. Fungsinya seperti gunting, mendistorsi bagiab tengah antara kedua objek yang saling bertindihan. Jadi shape yang dipilih bagian yengahnya akan terpotong atau bolong. Tapi shape yang smula menjadi tidak hilang. 


Sekarang, kita berpindah ke bagian Pathfinder modes yang memiliki enam bagian, yaitu :
1. Divide
Divide : membelah shape menjadi beberapa potongan-potongan kecil dengan mengikuti garis luar (outline) shape yang dibuat, apabila di-ungroup bisa dipisah-pisah.


2. Trim

Trim : berfungsi memotong bagian shape yang bersentuhan menjadi bagian-bagian shape yang saling ter-cropping. Kalau shape diberi stroke, maka stroke tersebut akan ikut hilang.


3. Merge
Hampir sama dengan unite, Merge menyatukan shape yang diseleksi namun tanpa mengubah keadaan dan shape yang diseleksi masih dalam keadaan terpisah. Saat menggunakan unite objek akan membuat compound shape tetai tidak pada merge. 

4. Crop
Crop : sekilas sama seperti dengan intersect, namun crop tidak menghasilkan compound shape. Penggunaan Crop tergantung pada penempatan shape. 

Kalau shape yang kecil berada di tumpukan diatas shape yang lebih besar, maka cropping yang dihasilkan hanya menampilkan shape yang lebih kecil saja, sementara shape yang besarnya hilang.

Kalau shape yang lebih besar berada di tumpukan diatas shape yang kecil, maka potongan yang dihasilkan akan menampilkan shape yang lebih kecil, dan shape yang besar akan terpostong sesuai dengan outline dari shape yang kecil. 


5. Outline
Outline : fungsinya membuat shape baru yang hanya menampilkan garis luar dari shape yang di select. Garis tepi yang dihasilkan otomatis akan terbagi menjadi beberapa shape. 

6. Minus Back
Minus Back : Minus back memiliki fungsi kebalikan dari Inus Front. Fungsinya untuk memotong objek bagian depan dan menghilankan bagian dari kedua objek yang saling menempel.


Oke, itulah fungsi dari tools2 yang terdapat dalam pathfinder. Semoga isi dari artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar editing dan desain. dan jangan lupa share ke sesama pecinta adobe Illustrator lainnya.


Assalamu’alaikum.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter