Cara Menggunakan Pathfinder Pada Adobe Illustrator

Pathfinder merupakan sebuah tools yang digunakan untuk memotong ataupun menggabungkan objek-objek di illustrator. Pathfinder menjadi salah satu fitur yang penting untuk mempercapat proses kerja dalam menggunakan adobe illustrator.
Pathfinder Tools
vectoval Image 00 : Pathfinder
Menggunakan tools pathfinder caranya cukup mudah. Pertama yang harus dilakukan yaitu memunculkan panel pathfinder dengan cara mengklik menu windows pada bagian top menu adobe illustrator lalu pilih pathfinder (windows > pathfinder) atau  dengan shortcut Shift+Ctrl+F9.
Pathfinder tools
vectoval Image 01 : windows > pathfinder
Setelah panel pathfinder aktif, siapkan dua buah objek. Sebagai contoh disini saya menggunakan persegi (Rectangle Tool/M) dan lingkaran (Ellipse Tool/L), dan seleksi kedua objek tersebut.
vectoval Image 03
vectoval Image 03
vectoval Image 03.a
vectoval Image 03.a
Kemuadian pilihlah menu yang ingin digunakan pada panel pathfinder. Dalam panel pathfinder terdapat dua buah menu, pertama Shape Modes dan yang kedua Pathfinder.
vectoval image 02 : pathfinder panel
Yang paling seering digunakan adalah Unite dan DivideJika ingin menggabungkan objek pilihlah unite, dan jika ingin memisahkan atau memotong objek jadi potongan potongan kecil pilihlah divide.
vectoval image 04 : unite tools
vectoval image 04 : divide tools
Oke, itu tadi sekilas tentang Pathfinder. Tools ini akan sangat berguna untuk mempercepat proses kerja. Suatu saat kita akan membutuhkannya. Silahkan di-Share sebanyak-banyaknya ke akun sosial media teman-teman, agar saya lebih bersemangat lagi membuat artikel menarik tentang adobe illustrator dan software desain lainnya. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Sekian dulu untuk artikel kali ini, terimakasih J.

Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter