Tutorial Membuat Icon Pernikahan di Adobe Illustrator

Bismillah
Wedding atau Pernikahan adalah hal sakral yang akan membawa kebahagiaan bagi sepasang kekasih. Tidak hanya mereka, para kerabat dan orang-orang di sekitarnya juga pasti akan merasa bahagia. Siapa sih yang tidak bahagia jika saudara,sahabat atau orang-orang yang dekat dengannya sedang berbahagia?
wedding icon : klik untuk perbesar

Untuk mengungkapkan rasa bahagia tersebut seringkali kita mengirimkan hadiah berupa kado atau ucapan pernikahan. Namun banyak yang kadang merasa kebingungan untuk menuliskan maupun memberikan kado yang unik. Jika kalian merasa demikian, artikel berikut bisa membantu kalian untuk memberikan hadiah yang unik untuk saudara, sahabat yang sedang berbahagia. Bisa juga untuk kalian yang ingin menerapkanya untuk undangan pernikahan.

Oke teman-teman vectoval kali ini saya ingin berbagi tutorial sederhana membuat icon pernikahan yang unik dengan style flat design menggunakan software adobe illustrator. Bukannya saya profesional tetapi saya juga masih dalam tahap belajar. Gunakan cara ini sebagai referensi teman-teman dan silahkan gunakan style apapun yang diinginkan jangan hanya terpaku pada satu style saja. Baik langsung saja kita mulai.

Pilih Foto dan Tentukan Warna

Pertama, Pilih foto yang akan dijadikan sebagai dasar untuk membuat ikon. Bisa foto saat berdua atau yang terpisah juga bisa, nanti tinggal digabungkan setelah ilustrasinya sudah jadi. Tentukan warna yang akan digunakan, usahan senada dengan suasana pernikahannya. Sebagai contoh, disini saya menggunakan foto yang memakai baju adat Minangkabau. Jadi  saya memilih warna orange #E44525.



Selanjutnya buatlah artwork baru, ukuran artwork yang saya gunakan yaitu 500 x 500 pixel. Pilih Rectangle Tool (M) untuk membuat background dengan warna #FFE4BB, dan warna untuk shape #FCBA61. 

Membuat Shapes untuk Backgroud
Kita mulai dengan membuat shape berbentuk hati, caranya klik Rectangle Tool (M) dengan ukuran 100 x 100 px dan buat dua buah lingkaran menggunakan Ellipse Tool (L) dengan ukuran 100 x 100 px. Kemudian tumpuk shape tersebut dan satukan dengan Pathfinder Unite. Jadinya seperti gambar dibawah.
love shape
Setelah shape hati terbentuk, kemudian copy paste, perkecil ukuran hatinya dan letakkan dibagian hati yang besar. Tambahkan aksen lainnya yang mendukung jadinya seperti ini. 
flat design
love shape
Langkah selanjutnya kita akan membuat ribbon banner atau kolom label yang akan digunakan untuk nama pasangan nantinya. Klik Rectangle Tool, buat shape persegi panjang dengan ukuran 115 x 20 pixel dan juga buat dua buah persegi dengan ukuran 20 x 20 pixel, yang akan kita gunakan untuk memotong bagian tepi persegi panjang. Untuk memotong kita gunakan Shape Builder Tool. Shape persegi panjang tersebut akan kita jadikan menjadi Polygon Shape. Perhatikan gambar berikut: 
Ribbon banner
Kalau kalian ingin cepat, langsung menggunakan Polygon Tool juga tidak apa-apa. Terserah maunya gimana, yang penting jadi dan lebih efisien. Setelah itu, ujung-ujung shape yang saya tandai dengan lingkaran merah seperti gambar dibawah, kita akan buat sedikit membulat. Dengan cara, gunakan Direct Selection Tool (A) >> Klik dua kali pada tanda lingkaran putih >> di panel Corner ubah angka Radiusnya menjadi 5px.
ribbon banner
Satukan semua shape yang telah dibuat tersebut dan tuliskan nama dari pasangan yang sedang berbahagia serta tanggal resepsinya. Tambahkan detail-detail lainnya agar desainnya terlihat lebih hidup. Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini. 
Hasil

Membuat Karakter Pasangan
Karena akan membuat karakter bergaya flat desain, untuk membuatnya kita akan manfaatkan penggabungan dari beberapa shape seperti rectangle, ellipse, dan polygon tool. Tidak perlu kalian buat karakternya yang sulit, kita mulai saja dengan yang mudah. Saya tidak akan menjabarkan secara terperinci cara membuat desain karakternya, jadi kalau teman-teman mempunyai cara lain silahkan diterapkan.

Kita mulai dengan menggambar bagian kepala. Gunakan Rectangle Tool (M), klik dua buah titik anchor point yang dibawah menggunakan Direct Selection Tool (A), akan muncul titik lingkaran berwarna putih, klik tahan dan tarik titik tersebut kebagian dalam sehingga shape berubah bentuk menjadi setengah lingkaran. Begitupun bagian atas nya. 


Setelah area wajah selesai, selanjutnya buatlah bagian mata, hidung, mulut, telinga dan rambut.Masih menggunakan objek yang sama. Bentuklah bagian-bagian tersebut dan satukan, maka akan terlihat seperti ini. 
mata dan telinga



Bagian mulut 

Pada bagian badan dan penutup kepala gunakanlah Polygon Tool, terapkan teknik yang telah kalian pelajari, gunakan shape builder tool atau pathfinder untuk memotong bagian yang diinginkan. Tambahkan detail-detail kecil yang diperlukan seperti kancing, jas, kerah baju, dan pencahayaannya. Agar karakter yang dibuat tampak lebih hidup. Setelah selesai gabungkan dengan wajah yang sebelumnya sudah dibuat. Untuk lengkapnya bisa teman-teman perhatikan gambar berikut. 
badan dan penutup kepala
Untuk lebih mendalami cara membuat karakter flat desain kalian bisa membaca dan mempelajari tutorial yang sangat menarik oleh Mark Rise dari Gigantic di channel maupun di websitenya.

Gunakan cara yang sama dengan yang diatas untuk membuat karakter wanita. Buatlah karakter wanita tampak berbeda dari pria, caranya sedikit di tiruskan wajahnya, bisa kita panjangkan rambutnya, atau bibirnya dibuat memerah, telinganya dikasih anting, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan wanita. 
wanita
Disini saya menambahkan aksesoris diatas kepala karakter wanita, sesuaikan dengan baju adat yang dipakai kedua pasangan. Karena saya memilih pakaian adat minang maka saya tambahkan suntiang pada bagian kepala.

Untuk membuat suntiang kita menggunakan Brush, sebelumnya aktifkan dulu panel brushes dengan cara klik Windows >> Brushes atau tekan F5 di keyboard. Buatlah satu buah shape persegi dengan ukuran 20 x 5 pixel, tarik dan tahan shape tersebut ke dalam panel brush dan lepaskan. Nanti akan muncul panel New Brushes, pilih Pattern Brush  dan klik OK. Pada panel Pattern Brush Options ubah nama sesuai keinginan dan klik OK. Perhatikan gambar berikut. 
brush
Brush sudah di persiapkan, selanjutnya buat shape setengah lingkaran, non-aktifkan fill dan stokenya. Kemudian klik brush yang sudah kita buat diatas. Atur ukurannya pada panel stroke seperti gambar berikut. 
brush

Dan hasilnya terlihat seperti ini. 
suntiang vectoval
suntiang
Nah, setelah semuanya selesai saatnya kita gabungkan menjadi satu. Jangan lupa atur posisi masing-masing shape tersebut agar terlihat proporsional, tidak timpang ke kiri maupun ke kanan.
minangkabau wedding vectoval
wedding icon : minangkabau wedding


Oke, sekian dulu artikel kali ini. Kalau ada yang kurang paham, silahkan ketikan pertanyaannya di kolom komentar dibawah. Semoga isi dari artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin memberikan hadiah spesial bagi saudaranya atau temannya yang akan menempuh jenjang pernikahan dan buat jomblo harus banyak-banyak bersabar kalau ada temannya yang ingin dibuatkan hadiah seperti dalam artikel ini. Dan semoga juga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar editing dan desain. Jangan lupa share tulisan ini ke media sosial teman-teman serta ka sesama pecinta adobe Illustrator lainnya. Selamat berbahagia dan selamat ber-kreatifitas.

Assalamu’alaikum.

Terinspirasi dari artikel ini (sumber)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter