Beberapa "Shortcut" Bermanfaat di Adobe Illustrator

Bismillah..
Lagi butuh uang? dan Anda sedang dikejar-kejar ibu kos yang lagi datang bulan? Waah bahaya tuh. Tenang, disini kami akan memberikan tips untuk menghadapinya. Anda bisa meminjam uang ke teman kamar sebelah, ke teman di kampus, atau teman di tempat kerja, sampai ke ibu2 yang jualan lontong sayur di depan kos, semua cara cepat mendapatkan uang tersebut bisa dilakukan disaat kalian lagi kepepet. 

Naaah, sama seperti kejadian diatas. Adobe Illustrator juga mempunyai cara-cara cepat untuk melakukan suatu action atau tindakan (cieilah bahasa lu), agar pekerjaan yang kita lakukan bisa lebih cepat dan menghemat waktu. Kita cukup menekan tombol yang ada di  keyboard untuk menggunakan fungsi-fungsi standar pada adobe illustrator tersebut, bahasa kerennya “Shortcut” (Potong Pendek). :D

Oke, pada artikel kali ini vectoval akan menuliskan beberapa shortcut yang mungkin bakalan sering teman-teman gunakan saat mengerjakan suatu desain. Kami anggap kalian sudah memahami beberapa shortcut standar seperti Ctrl+S untuk menyimpan, Ctrl+A untuk seleksi semua objek, Ctrl+C untuk Copy, dan Ctrl Ctrl lainnya.

Swap Fill & Stroke Colors : Shift + X
Shortcut ini untuk menukar warna Stroke (garis tepi) menjadi warna Fill (warna dasar objek) dan sebaliknya. Contoh, Fill warnanya Kuning, Stroke Hitam. Ketika kita menekan tombol Shift + X maka, warna Fill berubah menjadi Hitam dan Stroke berubah jadi kuning. 
Klik untuk perbesar

Zoom In / Out : Alt + Scroll Up/Down
Masih zoom in/out menggunakan zoom tool pada toolbox? Pusing dong bolak balik terus. Simpelnya, coba tahan tombol Alt kemudian scroll atas/ bawah menggunakan mouse, scroll keatas untuk zoom in, scroll kebawah untuk zoom out. 
Klik untuk perbesar

Paste in Front/Back : Ctrl + F/B
Shortcut Ctrl+F  ini berguna untuk menampilkan shape atau gambar yang telah kita copy tepat di depan shape atau gambar yang telah kita copy. Sebaliknya, Ctrl+B mem-paste objek tepat dibagian belakang. 
Klik untuk perbesar

Object to Front/Back 
Ctrl + ] : untuk memindahkan objek ke urutan depan satu tingkat

Ctrl + [ : untuk memindahkan objek ke posisi belakang satu tingkat.

Shift + Ctrl + ] : memindahkan posisi objek menjadi yang paling depan/atas
Shift + Ctrl + [ : memindahkan posisi objek menjadi yang paling depan/bawah.
Fungsi ini pada illustrator juga dinamakan dengan Arrange. 
Klik untuk perbesar

Duplicate Object ( Alt + Drag Mouse )
Selain dengan copy paste, untuk menduplikat bisa juga kita lakukan dengan cara tekan dan tahan tombol Alt, klik pada objek yang akan diduplikat kemudian drag objek tersebut. 
Klik untuk perbesar

Cara Pilih Objek Dibelakang Objek lain
Menggunakan Selection Tool (v) > Ctrl + Click sampai muncul ikon ( < ) di kursor. 
Klik untuk perbesar

Gimana?? apakah kalian mulai tertarik menjadi seorang keyboardist?? Hahha :D

Oke, sekian dulu artikel kali ini. Kalau ada yang kurang paham, silahkan ketikan pertanyaannya di kolom komentar dibawah. Semoga isi dari artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar editing dan desain. Jangan lupa share tulisan ini ke media sosial teman-teman serta ka sesama pecinta adobe Illustrator lainnya. Selamat ber-kreatifitas.

Assalamu’alaikum

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter